Pelajaran IPA dengan Materi yang Menyenangkan: IDLIX

Tentunya sudah banyak orang tidak asing dengan pelajaran IPA. Salah satu pelajaran wajib di bangku sekolah mulai dari sekolah dasar hingga tingkat lebih lanjut. Alasan utamanya adalah karena membahas hal penting mengenai alam.

Pembelajaran IPA merupakan materi cukup menyenangkan untuk beberapa orang. Pembahasannya berkenaan dengan alam dan makhluk hidup. Dengan mempelajarinya maka akan membuka wawasan lebih luas mulai dari sistem tata surya makhluk di bumi.

Pelajaran IPA yang Cukup Menyenangkan

Sebab kemungkinan besar sudah banyak orang mengetahui mengenai apa itu IPA, pada pembahasan ini akan disinggung secara singkat saja.

Pelajaran IPA adalah sebuah bidang keilmuan yang banyak diajarkan mulai dari sekolah dasar hingga tingkatan selanjutnya, namun dengan pembagian terstruktur dan terkonsep.

IPA merupakan kepanjangan dari Ilmu Pengetahuan alam yang membahas tentang makhluk hidup yaitu berupa tumbuhan, manusia, hewan, maupun sistem tata surya. Pada tahapan lebih lanjut, bidang keilmuan ini dibagi menjadi bidang-bidang lebih detail.

Bidang keilmuan ini tidak muncul begitu saja melainkan dari penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan. Hasilnya didapatkan dari pengamatan langsung serta penelitian lapangan dengan memanfaatkan objek tujuan baik benda hidup atau mati.

Mengenal Sejarah Singkat Pelajaran IPA

Perkembangan IPA sendiri mulai muncul pada 2006 lalu. Hal ini dilatarbelakangi karena bidang tersebut dianggap perlu untuk dipelajari oleh para peserta didik dari berbagai tingkatan mulai dari sekolah dasar, SMP, SMA dan tingkat lanjut.

Seiring berjalannya waktu, jenis pelajaran IPA ini dipecah menjadi 3 bagian yaitu Kimia, Fisika, dan Biologi. Perlu diketahui meski secara garis besar ketiganya masuk ke dalam bidang IPA, namun akan dipecah lagi menjadi beberapa bagian.

Informasi-informasi yang termuat di dalamnya didapatkan dari kajian para ilmuwan. Melalui beberapa metode, mereka berusaha untuk menemukan penjelasan suatu masalah secara mendetail. Fakta-fakta mengenai IPA:

  1. Penjelasan yang dipaparkan pada bidang keilmuan IPA bersumber dari penelitian para ilmuwan disertai bukti-bukti ilmiah. Jadi meskipun terlihat seperti di luar nalar, namun sebagian besar telah dibuktikan secara langsung.
  2. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendukung alat-alat canggih yang terus dikembangkan hingga saat ini misalnya mikroskop, teleskop, dan bahan-bahan kimia.
  3. Objek dari penelitian pelajaran IPA sangat beragam yaitu benda mati seperti kayu, tata surya, planet, bintang, dan masih banyak lainnya. sedangkan untuk makhluk hidup yaitu berupa manusia, tumbuhan, hewan, bakteri, serta virus.
  4. Berkat penelitian pada keilmuan ini, sekarang sudah ada banyak produknya baik berupa alat, teknologi, maupun hal spektakuler lain yang dianggap di luar kemampuan manusia.
  5. Penyelidikan IPA melibatkan banyak kemampuan yaitu pengamatan berdasarkan poin-poin yang terlihat dan dicermati untuk mengetahui segala bentuk hal penting yang tidak terlihat.

Penyelidikan Tentang Pelajaran IPA

Melakukan penyelidikan terhadap suatu bidang keilmuan memerlukan perlengkapan, teknik khusus, serta keluangan waktu untuk membaca berbagai literatur.

Prosesnya diawali dengan pengamatan pada objek penelitian, kemudian dikembangkan melalui pertanyaan-pertanyaan yang muncul. Berbekal hal ini nantinya para ilmuwan akan lebih mudah mencari literatur untuk memecahkan masalah.

Percobaan demi percobaan juga dilakukan untuk mendapatkan hasil valid. Penelitian dilakukan secara objektif dengan benar-benar berhadapan pada objeknya. Misalnya meneliti bagian dalam hewan maka perutnya dibelah.

Proses Penyelidikan Pelajaran IPA dengan Melibatkan Beberapa Proses

Penyelidikan pembelajaran IPA melibatkan sejumlah proses yang membutuhkan pengetahuan, literatur, dan alat khusus. Berikut ini akan dijelaskan mengenai prosesnya melalui tingkatan beberapa tahapan:

  1. Pengamatan

Manusia dibekali 5 panca indera yakni mata, telinga, hidung, lidah, dan kulit. Seluruhnya terlibat dalam penelitian tergantung dari bidang yang diamati. Sebab, tidak seluruhnya mampu dibuktikan dengan satu jenis pengamatan saja.

Pengamatan yang dilakukan membutuhkan ketelitian serta ketajaman indera. Apabila tidak bisa dibuktikan dengan satu indera, maka akan diperkuat dengan percobaan kimia melibatkan alat serta prosedur khusus.

Sebagai contohnya adalah keberadaan klorofil pada tumbuhan hijau. Meski dapat diamati dengan mata telanjang, namun pembuktiannya perlu diperjelas menggunakan perlengkapan seperti halnya kaca pembesar.

Sedangkan untuk mengetahui kandungan glukosanya maka dilakukan pencampuran bahan kimia. Apabila mengalami perubahan pada warna tertentu, maka disitulah akan diambil sampel serta data-datanya.

  1. Membuat Inferensi

Berdasarkan data-data yang telah didapatkan dari pengamatan, nantinya akan dikumpulkan menjadi sebuah rumus serta fakta-fakta yang dapat dibuktikan secara ilmiah. Hal ini alasan mengapa pelajaran IPA bisa dipertanggung jawabkan.

Pembuatan perumusan tidak dilakukan secara sembarangan melainkan dengan pertimbangan khusus. Setelah pengamatan, tahapan lain yang dilakukan adalah pembuktian melalui banyak literatur yang membahas bidang terkait.

Dari perumusan ini, akan ditemukan pola yang saling berkaitan pada objek penelitian utama. Sebagai contohnya adalah pohon, ketika meneliti terkait akar maka berpengaruh pada batang, daun, bunga, bahkan buahnya.

Pasalnya, akar merupakan bagian dari tumbuhan yang bertugas menyerap nutrisi dan zat hara dari dalam tanah. Hasilnya akan diedarkan melalui batang, kemudian digunakan oleh bagian lain dari tumbuhan untuk menjalankan masing-masing perannya.

  1. Mengkomunikasikan

Penyelidikan pelajaran IPA yang telah dilakukan kemudian sudah dibuat sebuah rumusan, perlu melalui tahapan selanjutnya yaitu mengkomunikasikan dengan peneliti lain. Tahapan ini dapat memperoleh suatu titik terang atau malah memunculkan pertanyaan.

Supaya lebih mudah dimengerti, penyusunannya tidak seluruhnya dalam bentuk tulisan melainkan juga bagan, grafik, tabel, dan gambar untuk menguatkan argumen. Penyusunannya dilakukan secara teratur dan detail mulai dari paling dasar sampai ke tingkat rumit.

Dalam pengkomunikasian perlu pemahaman mengenai objek penelitian terkait. Mengapa demikian? Karena seluruhnya harus dapat dibuktikan secara ilmiah dan bukan hanya perkiraan semata.

Objek yang Dipelajari pada IPA

Penyelidikan terkait alam akan menghasilkan sekumpulan fakta, data, dan mempermudah memilih pelajaran IPA menjadi beberapa bagian. Berdasarkan hal itu, berikut penjelasan lebih lanjutnya:

  1. Fisika

Cabang dari IPA ini sering dianggap cukup sulit karena melibatkan rumus-rumus dalam pembahasannya. Saat membahas mengenai objek di dalamnya misalnya kecepatan, gerak, energi panas, cahaya, dan materi lainnya sering melibatkan perhitungan.

  1. Kimia

Jika Fisika cenderung pada rumus, Kimia memang juga melibatkan rumus. Namun kamu akan dihadapkan pada tabel periodik, unsur-unsur kimia, larutan, dan berbagai percobaan.

  1. Biologi

Salah satu cabang pelajaran IPA yang cukup diminati adalah Biologi. Tidak hanya membahas mengenai manusia, namun bidang ini sering mempelajari perihal tumbuhan, serta hewan secara mendetail.

  1. Ilmu Bumi dan Antariksa

Hadirnya pengetahuan mengenai fenomena siang/malam, gerhana, nama-nama planet, dan hal-hal terkait dipelajari pada ilmu bumi dan antariksa. Meski cukup sulit untuk diteliti, namun pembahasan mengenai poin ini juga dibuktikan secara ilmiah.

Materi Pelajaran IPA yang Memiliki Banyak Peminat

Setiap orang seringkali memiliki kecenderungan menyukai salah satu cabang IPA karena satu dan lain hal. Lalu apa saja yang paling diminati para pelajar? Berikut akan dibahas beberapa diantaranya:

  1. Evolusi

Tentu kamu pernah mendengar pembahasan mengenai perubahan beberapa jenis makhluk hidup yang awalnya di zaman purba sangat besar, namun saat ini sudah mengecil. Perubahan tersebut diakibatkan oleh evolusi serta adaptasi.

Pelajaran mengenai evolusi bisa dibilang cukup menarik karena pelajar dapat mengetahui apa saja alasan serta tahapan perubahannya. Di samping itu juga terkait dengan faktor-faktor penyebabnya.

Hanya saja memang banyak dari objek penelitian berasal dari zaman purba. Lalu bagaimana cara pembuktiannya? Teknik yang digunakan adalah dengan mencari artefak dan fosil-fosil di dalam tanah.

  1. Metabolisme Sel

Poin ini terbilang memiliki tingkat detail cukup tinggi sehingga ketika mempelajarinya tidak hanya perlu membaca buku saja melainkan juga melakukan praktik secara langsung.

Praktik yang dilakukan para pelajar melibatkan zat kimia untuk mengetahui kandungan di dalam objek penelitian. Biasanya bahannya adalah daun, kemudian pengamatan dimulai dengan melihat perubahannya.

Seringkali alasan kajian paling banyak dilakukan adalah untuk mengetahui kandungan glukosa, asam lemak, asam amonia, dan gliserol. Sebenarnya terkait hasilnya tergantung dari masing-masing objeknya.

Metabolisme sel menjadi bagian dari pelajaran IPA yang cukup menarik perhatian. Sebab, tidak hanya membaca teori namun membuktikannya menggunakan prosedur dan berbagai macam alat.

  1. Perkawinan Silang (Genetika)

Sebuah perkawinan silang akan menghasilkan individu baru yang bisa saja lebih unggul dibandingkan dengan induknya. Teknik ini beberapa waktu terakhir banyak diterapkan utamanya pada pertanian.

Pembahasan ini memiliki rumus dasar yang akan mengungkap bagaimana cara untuk mendapatkan individu baru dengan sifat tertentu. Bahkan beberapa percobaan mampu mendapatkan individu lebih unggul dibanding sebelumnya.

Perkawinan silang yang sudah dilakukan adalah terhadap hewan dan tumbuhan. Pembasahan ini memiliki peminat terbilang banyak utamanya untuk pelajar SMA sebagai bekal untuk mengambil jurusan pertanian atau sejenisnya.

  1. Sistem Reproduksi Manusia

Pelajaran IPA dalam bidang ini sudah mulai diperkenalkan sejak kelas 6 SD karena mengingat perlunya pelajar mengetahuinya apalagi di era seperti sekarang ini. Sistem reproduksi sendiri membahas tentang proses terjadinya pubertas, jadinya janin, dan perkembangannya.

Lebih luasnya lagi, sistem reproduksi dibahas pada tingkatan lebih lanjut yakni di pelajaran Biologi SMP dan SMA. Nantinya kamu akan menemukan berbagai fakta menarik sekaligus mengejutkan.

Mempelajari sistem reproduksi manusia bisa berkaitan dengan teknik perawatan kesehatan kelamin dan juga penyakit-penyakitnya. Tujuannya adalah agar bisa melakukan penanganan dengan baik sehingga tubuh tetap sehat.

Penyakit yang berkaitan dengan daerah reproduksi misalnya saja HIV AIDS. Kabar buruknya disebutkan jika obat paling efektifnya belum ditemukan hingga kini, namun memang sudah terdapat perawatan-perawatan khusus.

  1. Tata Surya dan Pembahasan Terkait

Alam semesta yang menyimpan banyak rahasia membuat pelajar menjadi tertarik untuk mengetahui seluk beluknya secara mendetail. Akan tetapi karena sulitnya diamati dengan mata telanjang, maka perlu membaca sumber serta mempersiapkan alat pendukung.

Sistem tata surya terbilang unik karena bisa saja akan diketemukan fakta-fakta terbaru misalnya perubahan kecepatan, munculnya fenomena, atau hasilnya planet baru dengan sifat seperti bumi.

Pertanyaan yang hingga kini masih dicari bukti ilmiahnya adalah adanya alien. Meski sudah sering dihadirkan perwujudannya, namun sebenarnya masih perlu kajian lebih lanjut. Oleh karenanya bidang keilmuan ini memiliki banyak peminat utamanya dari kalangan pelajar.

Memperhatikan detailnya menjadi hal penting utamanya jika kamu memiliki minat dalam bidang ini. Pastikan untuk mempelajarinya dari dasar agar lebih mudah nantinya. Pembahasan di atas mengulas mengenai berbagai informasi penting dari pelajaran IPA.

Selengkapnya